Thursday , May 24 2018
Home / Daerah / Jelang PHBS Tingkat Propinsi, Desa Sumber Makmur Tapung “Siap Bersaing”

Jelang PHBS Tingkat Propinsi, Desa Sumber Makmur Tapung “Siap Bersaing”

Kampar, BerkasRiau.com
Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung menjadi wakil Kabupaten Kampar dalam perlombaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Riau yang akan di laksanakan pada hari Selasa 24 Oktober 2017 .

Kepala Desa Sumber Makmur, Ngabekti.ST, Jumat (21/10/2017) kepada BerkasRiau ia menyampaikan latar belakang terpilihnya desa kita mewakili PHBS tingkat Propinsi Riau di karenakan Desa Sumber Makmur juara I pada kompetensi Tingkat Kabupaten Kampar dan telah melalui seleksi yang ketat dengan bersaing dengan 251 desa lainnya di kabupaten Kampar.

Lanjut Ngabekti , Dasar penilaian dalam perlombaan nantinya ada 10 keriteria yang pada intinya berada di seputar pertanyaan bagaimana budaya hidup perorangan, keluarga dan masyarakat yang berorientasi pada hidup sehat

“Artinya, penilaian difokuskan pada cara memelihara dan melindungi kesehatan; baik fisik, mental spiritual maupun sosial”.
Adapun kesepuluh kriteria penilaian antara lain persalinan dibantu oleh dokter, memberi asi eksklusif, menimbang bayi dan Balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan jamban sehat, membersihkan jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas setiap hari, tidak merokok dalam rumah, dan lainnya.

kedepanya dengan terpilihnya Desa Sumber Makmur mewakili Riau , ia berharap dengan adanya PHBS bertujuan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan setinggi-tingginya.

Dengan kata lain, masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku dalam pembangunan kesehatan dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri, serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.” Pungkasnya ” .** Ari**

print

Check Also

Maknai Harkitnas, Menkominfo Ajak Masyarakat Rebut Peluang Peningkatan Diri

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Ketika dahulunya rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dan dengan pejuangan penuh Allhamdulillah terwujud, …