Sunday , December 16 2018
Home / Parlementaria / Taati Aturan, 39 Mobil Dinas Anggota DPRD Kampar Dikembalikan 
Mobil Dinas Pemkab Kampar yang dikembalikan oleh Anggota DPRD Kampar.

Taati Aturan, 39 Mobil Dinas Anggota DPRD Kampar Dikembalikan 

Mobil Dinas Pemkab Kampar yang dikembalikan oleh Anggota DPRD Kampar. 

BANGKINANG, BerkasRiau.com – DPRD Kampar kembalikan 39 unit mobil dinas yang dipinjamkan oleh Pemkab Kampar ke bagian rumah tangga Sekretarian Dewan.

Kabag Rumah Tangga DPRD Kampar Suleina mengatakan, proses penarikan mobil dinas itu dilakukan sejak Senin hingga Selasa (7-8/8/2017). Para anggota dewan menyerahkan dengan senang hati dan tidak keberatan.

“Sudah ada 39 yang diserahkan. Tapi, satu di antaranya belum kita bawa ke sini (kantor DPRD, red) karena dalam kondisi rusak,” katanya saat ditemui saat memeriksa kondisi mobil dinas di halaman parkir DPRD Kampar, Selasa (8/8).

Satu unit yang rusak itu, adalah mobil dinas yang dipakai oleh anggota DPRD yang bernama Iib Nursaleh. Mobil itu dulunya pernah mengalami kecelakaan sehingga sebelum dikembalikan ke aset, perlu perbaikan terlebih dahulu, ungkap Sileina.

“Selebihnya, mobil dinas itu dalam kondisi baik. Kita sudah rapatkan dengan Sekwan, dan menghadap ke bupati, untuk diserahkan ke BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kampar),” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah anggota DPRD Kampar sebanyak  45 orang namun yang mendapatkan mobil dinas 43 orang anggota dewan. Rata-rata jenis Toyota Innova. “Dua orang yang tidak mendapat mobil dinas, yakni Pak Juswari dan Pak Dedi Suheri,” katanya.

Sementara, empat mobil dinas milik unsur pimpinan DPRD Kampar, tidak ditarik. Yakni Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri, Wakil Ketua I Sunardi DS, Wakil Ketua II. M Faisal, dan Wakil Ketua III, H. Sahidin. “Kalau pimpinan tetap pakai mobil dinas,” katanya.

Ketua DPRD Ahmad Fikri membenarkan bahwa sebanyak 39 anggota DPRD sudah menyerahkan mobil dinas ke Pemkab Kampar. Selama ini kata dia, mobil dinas tersebut dipinjam-pakaikan ke anggota dewan.

“Terima kasih banyak kepada Pemkab Kampar yang selama ini telah meminjamkan kendaraan dinas untuk anggota DPRD, yang tujuannya untuk menunjang kinerja DPRD,” pungkas Ahmad Fikri yang akrab dipanggil Onga tersebut.

Pengembalian mobil dinas ini, mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD.Di mana katanya, dalam PP tersebut, anggota dewan mendapatkan rumah dinas dan mendapatkan tunjangan transportasi. Sehingga, jika telah mendapatkan tunjangan transportasi, anggota dewan tidak lagi mendapat pinjaman mobil dinas. (def).

 SAFI’I SAMOSIR BERUPAYA REALISASIKAN ASPIRASI MASYARAKAT

KAMPAR, BerkasRiau.com – Anggota DPRD Kampar, Safi’ii Samosir berjanji akan selalu berupaya merealisasikan setiap aspirasi masyarakat yang disampaikan kepadanya.

Hal itu dikatakan Safi’I Samosir dihadapan ratusan masyarakat Dusun Pauh dan Dusun Tibun Tonang di Desa Koto Tibun Kecamatan Kampar saat bertatap muka dengan masyarakat dalam kegiatan resesnya, Sabtu (19/8/2017).

Politisi partai Golkar berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Kampar I meliputi Kecamatan Kampar, Kecamatan Rumbio Jaya, Kecamatan Kampar Utara, Kecamatan Kampar dan Kecamatan Tambang nampak akrab dengan warga masyarakat.

Ya, kita akan selalu berupaya merealisasikan setiap aspirasi yang disampaikan, ujarnya kepada awak media usai acara reses. Asal apa yang menjadi aspirasi itu dapat tertampung dalam APBD Kabupaten Kampar.

Kalau aspirasi masyarakat itu tidak dapat tertampung dalam APBD Kabupaten Kampar karena anggarannya cukup besar, kita berupaya memperjuangkan dalam APBD Propinsi Riau, ucapnya.

Sebelumnya, kepala Desa Koto Tibun, Masrinur yang mewakili masyarakat dusun Pauh dan Tibun Tonang menyampaikan, bahwa warga dua dusun itu bermukim di sepanjang bantaran sungai Kampar. Dimana kondisi saat ini tebing sungai selalu longsor. Hal ini membuat masyarakat menjadi cemas.

Untuk itu, ia berharap melalui acara reses ini persoalan ini dapat diperhatikan. Masyarakat berharap pemerintah Kabupaten Kampar atau Propinsi Riau dapat membangun turap sepanjang 2 kilometer mengantisipasi longsornya tebing sungai.

Selain itu, Masrinur juga menyampaikan, bahwa mesjid Al-Taqwa yang merupakan mesjid satu-satunya di dua dusun, saat ini terbengkalai pembangunannya. Untuk itu, Ia juga meminta agar dapat diperhatikan. (def).

   SUHARMI HASAN TAMPUNG ASPIRASI WARGA PULAU SARAK

KAMPAR, BerkasRiau.com – Reses di Dusun Sikumbang Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar, anggota DPRD Kampar, Suharmi Hasan tampung aspirasi masyarakat. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini terlihat sibuk mencatat aspirasi disampaikan, Rabu (16/8/2017).

Anggota BPD Desa Pulau Sarak, Rusman dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa pemerintahan Desa Pulau Sarak sudah tiga kali mengajuhkan proposal pembangunan puskesmas pembantu (Pustu) kepada pemerintah Kabupaten Kampar, namun sampai kini belum juga direalisasikan.

“Kami sudah tiga kali membuat proposal kepada Pemerintah Kabupaten Kampar untuk dibangunkan Pustu di sini, namun hingga kini belum juga terealisasi,” ujarnya.

Rusman yang mewakili masyarakat Desa Pulau Sarak sangat berharap, agar Pustu dapat dibangun di Desa ini agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi untuk berobat. “Salah seorang warga telah mewakafkan tanahnya untuk pembangunan Pustu tersebut,” ungkapnya.

Ketua kelompok tani Setia, Sarti Murni menyampaikan bahwa guna membantu para petani dalam mengolah lahan mohon dibantu pengadaan multivator (Alsintan). Sementara Ketua Kelompok Tani Saiyo, Baharuddin juga berharap ada balai tempat pertemuan petani.

Sedangkan dari kalangan pemuda mengharapkan lapangan sepak bola dan dari dunia pendidikan, agar 2 lokal sekolah PAUD dan TK dikeramik dan pelataran sekolah serta pembangunan paving bloc karena kalau hujan air tergenang dan pelataran sekolah menjadi menjadi becek.

“Semua aspirasi masyarakat Desa Pulau Sarak, insyaAllah akan kita perjuangkan,” ujar Suharmi Hasan kepada awak media usai acara.

Dikatakan, walaupun dukungan masyarakat Desa Pulau Sarak dinilai minim, namun sebagai wakil rakyat apalagi berasal dari daerah pemilihan Kampar I, dirinya berupaya memperjuangkan aspirasi disampaikan.

“Saya inikan wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Kecamatan Kampar, Kampar Utara, Rumbio Jaya, Kampa dan Kecamatan Tambang, jadi sudah sepantasnya aspirasi disampaikan kita perjuangkan,” ujar Suharmi. (def).

ANGGOTA DPRD KAMPAR, SYAFRIZAL SERAP ASPIRASI WARGA TANAH MERAH SIAK HULU

SIAKHULU, BerkasRiau.com – Acara reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar dari Fraksi Hanura, Syafrizal ST di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu yang dipusatkan di RW. 04 Dusun II, Minggu (20/8/2017) pagi tadi  berlangsung penuh kekeluargaan dan meriah.

Dalam sesi penyampaian aspirasi, banyak pertanyaan dan usulan yang disampaikan masyarakat dari berbagai kalangan yang ada di lingkungan setempat. Dalam acara tersebut, usulan yang ditampung berasal dari Ketua RW, Ketua RT, Pemuda, PKK, Majelis Taklim dan Pengurus Mesjid.

Bentuk aspirasi yang disampaikan masyarakat di Komplek Perumahan Peputra Raya ini berupa program pembangunan dan perbaikan jalan lingkungan, drainase, fasilitas grup rebana, pembangunan mesjid, anggaran operasional kepemudaan dan pembinaan lansia.

Menyikapi seluruh usulan yang disampaikan masyarakat setempat, Syafrizal, ST yang sudah berpengalaman dalam bidang kemasyarakatan, secara lugas menampung seluruh aspirasi yang disampaikan. Jika usulan menyangkut lingkungan dan program pembangunan lingkungan, Syafrizal mengharapkan agar dibuatkan proposalnya.

Di lain pihak, jika usulan itu dalam bentuk permintaan bantuan, secara spontan Syafrizal yang juga mantan Kepala Desa Tanah Merah ini pada saat itu juga langsung menyumbangkan dananya kepada kelompok yang membutuhkan, seperti dana bantuan untuk majelis taklim, pemuda dan PKK RW.

 “Jika kalangan pemuda ingin mendapatkan anggaran rutin untuk operasional pemuda, diminta kepada pemuda RW 04 untuk bergabung dengan Karang Taruna, karena pemerintah setiap tahun menganggarkan dana untuk Karang Taruna,” kata Syafrizal member solusi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua RT. 04 RW. O4, Syafrizal menyampaikan bahwa di lingkungan RT-nya terdapat satu ruas jalan yang kondisinya sudah rusak. Untuk itu ia berharap agar anggota DPRD dapat menyalurkan aspirasinya ke pemerintah agar ruas jalan tersebut segera diperbaiki, baik dengan pengasapalan kembali maupun semeninsasi.

“Jika dilihat dari usia ruas jalan tersebut, memang sudah waktunya rusak, karena jalan tersebut diaspal saat saya menjadi Kepala Desa Tanah Merah lebih dari 10 tahun lalu,” kata Syafrizal, ST yang juga Ketua Fraksi Hanura DPRD Kampar ini.

Dalam acara reses anggota DPRD Kampar kali ini, selain Syafrizal, ST, hadir juga Kepala Desa Tanah Merah, H. Syahrul Amri Nasution, para Kepala Dusun, Ketua RW dan RT di lingkungan Desa Tanah Merah dan masyarakat RW 04. (rls).

print